Jadwal Terbaru Penerimaan Pendaftaran CPNS Tahun 2013

Written By Fatiem on 25 August 2013 | 8:15 PM

PenerimaanCPNS 2013 | Setelah mengalami moratorium selama 2 tahun kemarin, akhirnya pemerintah membuka lagi penerimaan CPNS tahun 2013 ini. Tentu ini menjadi hal yang ditunggu-tunggu oleh para lulusan PT yang ingin mengadu nasib dalam pendaftaran CPNS tahun 2013 ini. Jadwal penerimaan CPNS 2013 inipun tentu ditunggu-tunggu juga.

Lalu kapan sebenarnya jadwal penerimaan CPNS 2013 ini ? Untuk pengumuman dan proses pendaftaran CPNS 2013 ini akan dimulai pada tanggal 1-20 September 2013. Sedangkan  Tes CPNS menggunakan sistem CAT akan dimulai tanggal 29 September 2013, sedangkan tes CPNS menggunakan LJK akan dilaksanakan tanggal 3 November 2013.



Jadwal Terbaru Penerimaan Pendaftaran CPNS Tahun 2013


Materi tes CPNS yang akan diujikan nanti meliputi TKD (Tes Kompetensi Dasar) dan TKB (Tes Kompetensi Bidang). Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (PANRB) Azwar Abubakar sendiri menyatakan bahwa dia sudah menerima kedua jenis master soal tes tersebut. Soal tersebut dibuat oleh konsorsium 10 Perguruan Tinggi Negeri dan diserahkan kepada PANRB pada 19 Agustus 2013 kemarin.

Berikut ini beberapa hal yang disampaikan Kementerian PANRB dan Panitia seleksi nasional pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) mengenai persiapan tes CPNS 2013 yaitu :

§                  Mengapresiasi tim konsorsium karena telah membantu Tim Panselnas dalam menyusun soal tes CPNS tahun 2013. 
§                  Menegaskan agar seluruh tim kerja Panselnas tahun 2013 segera menyiapkan perangkat pelaksanaan dan pedoman, sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing. Serta melaporkan progress setiap tahapannya dengan memperhatikan jadwal yang sudah direncanakan. 
§                  Penerimaan CPNS diharapkan dapat menjadi pondasi pembentukan PNS profesional dan birokrasi Indonesia yang modern menuju birokrasi kelas dunia. 
§                  Pelaksanaan tes CPNS dibagi dalam dua metode, yaitu sitem yang menggunakan Lembar Jawab Komputer (LJK) dan sistem Computer Assested Test (CAT).  Bagi yang melaksanakan sistem CAT, Tes CPNS akan dimulai pada tanggal 29 September 2013. Ada 19 Kementerian dan Lembaga yang telah mendaftar untuk difasilitasi pelaksanaan tes CPNS 2013 dengan sistem CAT.
§                  Tes CPNS melalui sistem LJK baik dari kategori 2 maupun pelamar umum direncanakan dilaksanakan secara serentak pada tanggal 3 November 2013. 
§                  Menghimbau kepada para pelamar yang ikut Ujian CPNS baik dari pelamar umum, Honorer K2, jangan terkecoh dan terbujuk rayu, iming-iming  orang bisa meluluskan menjadi CPNS, itu tidak benar.  Sebab kementerian PANRB sudah banyak menerima laporan semacam itu. Lebih baik laporkan saja ke Kementerian PANRB apabila ada orang yang menyatakan demikian. 
§                  Pengadaan CPNS tahun 2013 ini dilakukan secara terbuka dan transparan, dari segi kelulusan nanti juga akan diumumkan secara terbuka di media massa. Yang perlu disiapkan oleh para peserta Tes, belajar sungguh-sungguh dan fokus.
§                  Jadwal Tes Kompetensi Dasar (TKD) dan Tes Kompetensi Bidang (TKB) akan diadakan tanggal 29 September 2013 bagi yang menggunakan sistem CAT untuk Pelamar Umum, dan jadwal tes dengan Lembar Jawaban Komputer (LJK) untuk pelamar umum dan Honorer Kategori 2 tanggal 3 November 2013, sedangkan jadwal tes bagi sekolah kedinasan mulai September sampai dengan Oktober 2013.


Inilah informasi JADWAL PENERIMAAN CPNS 2013 TERBARU yang semoga bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya. Semoga sukses selalu.

0 comments:

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...